Wednesday 29 June 2011

PENANGGULANGAN BANJIR DIDESA MUARO SENTAJO

Kegiatan swakelola dilingkungan Bidang Sumber Daya Air tahun 2011 mulai dilaksanakan. diantaranya Penanggulangan Banjir yang sering terjadi di Desa Muaro Sentajo tepatnya di dekat Jembatan Muaro Sentajo. ini dilaksanakan bertujuan untuk menaggulangi banjir luapan dari sungai sinambek yang sering terjadi dan merendam areal persawahan desa tersebut.

ini terjadi akibat penyempitan alur sungai dibagian hilir dan banyaknya pepohonan, kayu dan sedimentasi yang menumpuk dan menyumbat laju arus transportasi air dari hulu ke hilir. selain itu adanya pindah alur dari sungai lama ke sungai baru yang berbentuk tikungan tajam berbentuk huruf "S" sehingga laju aliran air terhambat sementara kapasitas air hujan dan daya tampung air di sungai tidak seimbang antara input dan output.

ini mulai dilaksanakan senin beberapa waktu yang lalu dengan ite Pekerjaan Penggalian Sedimentransport Bendung dan Normalisasi Sungai. dilaksanakan secara swakelola. mudah-mudah ini bermanfaat agar pertanian pada areal tersebut dapat ditanami dan tidak terganggu lagi oleh banjir yang datang yang tidak bisa diprediksikan.

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Komentar dan Saran anda yang dapat membangun Sumber Daya Air Kabupaten Kuantan Singingi menuju masa depan yang lebih gemilang.
Komentar anda adalah nyawa bagi website ini