Friday 26 February 2010

Lahan Sawah Lubuk Ambacang I menghijau

SDAJK - Lubuk Ambacang I adalah nama Daerah Irigasi yang terletak di Desa Luai Kecamatan Kuantan Mudik yang Sumber Airnya berasal dari Bendung yang terletak di Desa Bukit Pedusunan atau lebih dikenal Danau Kebun Nopi. Areal sawah yang ada sekarang ini telah ditanami dengan tanam padi yang hampir berbunga, dan menghijau terbentang di pinggir jalan Poros Teluk Kuantan - Lubuk Jambi.

Musim tanam di Daerah Irigasi ini mulai tanamnya lebih dahulu dibandingkan Kecamatan Gunung Toar, Kuantan Tengah sampai Kecamatan Cerenti. ini terlihat apabila kita berjalan ke arah Lubuk Jambi disebelah kanan jalan poros Propinsi.

Areal ini memanfaatkan Suplay air dari Bendung Lubuk Ambacang yang di bawa melalui saluran irigasi sepanjang lebih kurang 5 km, yang diatur dengan pintu sadap sebagaimana terlihat. Operasional Saluran atau daerah Irigasi ini ditangani Bidang Sumber Daya Air pada Kegiatan Optimalisasi Fungsi Jaringan Irigasi yang telah dibangun yaitu dengan jenis pekerjaan pembersihan saluran pembawa, saluran Pembuang, Bangunan Bendung dan Pembersihan Bangunan Air (sadap).

Masyarakat sangat senang dengan berfungsinya air irigasi ini sehingga berdampak pada hasil tanaman padi itu sendiri dan Perekonomian Masyarakat petani. masyarakat di Kecamatan Kuantan Mudik ini sangat Hiterogen namun penghasilan didapat dari sumber Pertanian, Perkebunan dan Perdagangan.

Mengingat sangat pentingnya Air Irigasi ini maka Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Bidang Sumber Daya Air dan Jasa Konstruksi memprioritaskan pada Pembangunan irigasi atau Rehabilitasi Bangunan Bendung. ini disebabkan bangunan yang telah lama dan terjadi Kebocoran yang sangat serius untuk segera ditangani.

Anggaran yang dianggarkan untuk sebagaimana tersebut diatas berasal dari dana APBD Propinsi Ria dan APBD Kabupaten Kuantan Singingi. dikatakan Jafriruddin (ujang PU) dalam Musyawarah  Rencana Pembangunan di Kabupaten Kuantan Singingi Kamis, 25 Pebruari 2010. inilah keberhasilan Bidang Sumber Daya Air dengan Keterbatasan Dana APBD Kabupaten Kuantan Singingi namun kami tetap berjuang melobi Anggaran baik dari Propinsi Riau maupun Departemen Pekerjaan Umum di Jakarta yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. (sbt)

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Komentar dan Saran anda yang dapat membangun Sumber Daya Air Kabupaten Kuantan Singingi menuju masa depan yang lebih gemilang.
Komentar anda adalah nyawa bagi website ini