Tuesday 23 February 2010

Lahan Sawah desa Teluk Pauh Cerenti

SDAJK - Melalui Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Non DR dan Pendamping DAK Non DR Tahun Anggaran 2009 Bidang Sumber Daya Air dan Jasa Konstruksi berhasil mengolah lahan tidur di Desa Teluk Pauh Cerenti.

Desa teluk Pauh Cerenti yang notabene masyarakatnya hidup dari hasil perkebunan, pertanian dan wirausaha lainnya saat ini merasa senang dengan adanya pengolahan lahan tidur seluas 50 ha yang selama ini tidak diolah diakibatkan oleh Kondisi lahan tersebut tergenang air dengan kedalaman hampir 1,50 m. pada saat hujan dan luapan air kuantan naik maka lahan tersebut secara otomatis tergenang dan membuat kesulitan bagi masyarakat untuk mengolah lahan tersebut.

Ini terjadi sekitar 8 tahun yang lalu ketika hujan dan banjir yang menggenangi lahan masyarakat Desa Teluk Pauh Cerenti dan mengakibatkan masyarakat enggan mengolah lahannya sampai tahun 2009 tahun lalu.dan berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Bapak Kepala Desa dan Tokoh masyarakat desa Teluk Pauh dalam hal ini diwakili Ijhon.

Dikatakan ijhon " semenjak 8 tahun yang lalu masyarakat yang berladang pindah ke seberang dan bercocok tanam ke Desa Pulau Bayur Cerenti". mengingat hal tersebut maka Kepala Bidang Sumber Daya Air dabn beberapa staf turun kelapangan survey dan mengusulkan untuk mengolah dan menangani lahan yang sudah lama tidur tersebut.

Alhamdulillah atas kerja keras mengusulkan Anggaran ke Departemen Pekerjaan Umum di Jakarta dan bantuan Pihak Bappeda dan Staf Bidang Fisik dan Prasarana Pengairan waktu itu Bapak Sariman, ST, MT Anggaran Kegiatan DAK Non DR dan pendamping DAK disetujui. dan dalam pelaksanaannya Masyarakat Desa Teluk Pauh sangat senang bahkan dalam pelaksanaanya turut membantu tanpa harus diberikan  komando.

Namun program ini belum seratus persen tuntas dikarenakan masih banyak sarana dan prasarana penunjang lainnya yang perlu di tambahkan, antaranya Bangunan Pengatur Air 1 unit, Saluran pasangan penunjang dan Box Culvert 1 bh. bahkan pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Bidang Sumber Daya Air rencananya akan membuat Design Jaringan Irigasi yang memanfaatkan air dari sungai terdekat.

mudah-mudahan apa yang kita rencanakan, apa yang kita buat dapat bermanfaat bagi khalayak ramai dan Masyarakat Desa Teluk Pauh khususnya.(sbt)

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Komentar dan Saran anda yang dapat membangun Sumber Daya Air Kabupaten Kuantan Singingi menuju masa depan yang lebih gemilang.
Komentar anda adalah nyawa bagi website ini