Wednesday 24 February 2010

Kunjungan Staf Bidang Sumber Daya Air ke Madura

SDAJK - Dalam rangka peningkatan Kinerja Staf Bidang Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air melakukan Kunjungan Kerja ke Balai Besar Sungai Bengawan Solo Surabaya, Irigasi Jawa Timur (Irjat), Dinas Pengairan Kabupaten Lumajang Jatim. dan ke Pembangunan Bendung di Madura beberapa waktu yang lalu.

Kunjungan ini disambut baik oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur yang di tempatkan di Balai Besar Sungai Bengawan Solo. selama kurang lebih satu Minggu yang diikuti oleh Kadis Kimpraswil (saat itu), Kepala Subdin Pengembangan Sumber Daya Air, dan Staf Sumber Daya Air.

Peninjauan dilakukan di Proyek Multiyers Pembangunan Bendung di Madura dan di Dinas Pengairan Lumajang. kenapa dilakukan di dua tempat. karena Madura adalah lumbung dari pertanian tanaman padi bagi Surabaya dan Jawa Timur khususnya sedangkan Lumajang adalah Dinas Pengairan yang memperoleh Penghargaan terbaik bidang Operasi dan Pemeliharaan Pengairan.


Dari hasil Kunjungan kerja tersebut para staf Sumber Daya Air dapat mengambil pelajaran baik secara Administrasi maupun pelaksanaan Fisik. dan secara bertahap dapat diterapkan di Kabupaten Kuantan Singingi bidang penanganan Irigasi.

Contohnya pada saat pembangunan Bendung di Madura tersebut secara akal biasa tidak akan sanggup mengerjakannya dikarenakan Air yang dibendung adalah Air yang mengalir di antara Bukit batu. tentunya pembuatan Bangunan Bendungnya sangat sulit. kenapa sulit..? karena Batu cadas yang akan kita Gali, Kita ratakan.  bagaimana caranya pada saat itu sehingga bisa dikerjakan...? dilakukan peledakan dengan menanam beberapa titik dinamit yang di bor dan dimasukan kedalam batu..... ooo itu baru seru..! adalagi.

Didaerah Lumajang Penanganan Irigasi mendapat predikat terbaik se Indonesia dalam bidang penanganan. Alasannya...? salah satu Contoh kecil... Salurannya ditata dengan baik, bersih dan disekitarnya ditanam tanaman hias (bunga). apa lagi...? yang serunya bahkan di Indonesia Mungkin belum ada.. Apa itu...? Pintu pengatur bendung Bondoyudho didesaign dibuka dari kantor tempat kerja yang jauh dari lokasi bendung. caranya bagaimana...? dipasang relay Control untuk mengakses pintu secara Komputerisasi dan dapat dibuka tutup jarak jauh.

duh... majunya Sumber Daya Air daerah tersebut. kapan tempat kita mau maju ya...? (sbt)

No comments:

Post a Comment

Trima kasih atas Komentar dan Saran anda yang dapat membangun Sumber Daya Air Kabupaten Kuantan Singingi menuju masa depan yang lebih gemilang.
Komentar anda adalah nyawa bagi website ini